Loading

Sharing Menulis dengan Teman-Teman SMAN 62 Jakarta

Muthia Fadhila Khairunnisa 9:35:00 AM

Hari ini, Senin, 26 Oktober 2015, aku diundang untuk berbagi pengalaman dan proses kreatifku menulis dengan teman-teman di SMAN 62 Jakarta dalam rangka menyambut bulan bahasa. Jadi, hari ini aku izin untuk tidak masuk sekolah. Alhamdulillah sekolahku sangat mendukung aktivitas-aktivitas non-akademikku. Makasih Pak M Fakhruddin (Kepsek Labschool Jakarta), Bu Idah Aryani (walas X IPS-2), Bu Reni Re Hae (guru Bahasa Indonesia), dan guru-guru lainnya. ^_^

SMAN 62 memang sedang mengadakan acara lomba-lomba dan talkshow yang berkaitan dengan bahasa pada hari ini hingga tanggal 28 nanti. Salah satu kegiatannya adalah talkshow tentang menulis. Melalui Om Sam (dosen pasca sarjana UNJ) yang merupakan teman mamaku, aku diusulkan untuk mengisi talkshow menulis ini.

Seperti biasa, aku diantar oleh mamaku ke tempat acara di SMAN 62 Jakarta. Kami sampai di sana pukul setengah 9, padahal acara di jadwal mulai pukul 10. Kami menunggu di ruang wakil kepala sekolah sambil mengobrol dengan guru-guru di sana. Bu Komariah, salah satu guru menginformasikan bahwa ada 18 cabang perlombaan. Mulai dari debat, pidato bahasa Indonesia, Jepang, Perancis, hingga Stand Up Comedy. Saat menunggu giliranku sharing, aku juga sempat diwawancarai oleh teman-teman dari klub jurnalistik SMAN 62 untuk profil di majalah sekolah mereka.

Acara agak mundur sedikit karena banyak kegiatan dan lomba yang sedang berlangsung. Sekitar pukul 11, Bu Komariah (guru sekaligus pembina OSIS SMAN 62) mengajak kami menuju tempat acara, setelah mengkondisilan para peserta yang baru saja mengikuti lomba untuk bergabung disana. Aku, ditemani mamaku, dan Om Saefur (dosen pasca sarjana Fakultas Sastra Indonesia Universitas Negeri Jakarta) menjadi pembicara pada talkshow bertajuk "Mengeksplorasi Bahasa Untuk Menggenggam Dunia". Pesertanya adalah perwakilan 5 orang anak dari tiap kelas mulai dari kelas 10 hingga kelas 12. Jadi jumlah pesertanya kira-kira ada seratusan.

Talkshow-ku kali ini berbeda dari talkshow-talkshow sebelumnya yang pesertanya adalah siswa-siswa SD. Di SMAN 62 ini pesertanya seumuran denganku, bahkan banyak yang lebih tua dariku. Ya iyalah. Yang ikut kan teman-teman dari kelas 10, 11, dan 12. :D Di talkshow ini, aku bisa lebih leluasa menjelaskan dan nyambung obrolannya. Antusiasme teman-teman pun perlu diacungi jempol. Di akhir sesi sharing dariku, mereka banyak yang bertanya.

Terima kasih atas kesempatannya, teman-teman SMAN 62 Jakarta. Semoga teman-teman bisa terus berkarya, serta semangat membaca dan menulis untuk bisa menggenggam dunia. ^_^


Foto-foto selengkapnya ada di FB-ku:
https://www.facebook.com/muthia.fadhila/media_set?set=a.892856257476323.100002558717962&type=3


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...