Loading

Bedah Buku 4 Novelku Oleh Om Saifur (Dosen Sastra Program Doktor)

Muthia Fadhila Khairunnisa 8:33:00 PM

Saat sharing menulis dengan teman-teman di SMAN 62 Jakarta, aku didampingi oleh Om Saifur (Dosen Sastra Program Doktor) dan mamaku Shinta Handini. Ceritanya udah aku tulis disini. ^_^
Selain sharing menulis dengan teman-teman di sana, Om Saifur juga berkesempatan membedah 4 novel terbaruku, yaitu:
1. Fantasteen Ghost Dhormitory in Seoul
2. KKPK Lovely Lovy
3. Cookidz Sweety Pastello Macaron
4. Travela None Ondel-Ondel
Wah, enggak nyangka banget. Tapi seneng banget karena novelku dibedah oleh dosen sastra yang mengajar program doktor. Dan nggak cuma 1 novelku yang dibedah, tapi 4 novel.
Makasih banyak, Om Saifur. ^_^

Nah, ini tulisan Om Saifur yang membedah 4 novelku itu. Tulisan ini diperbanyak dan dibagi-bagikan kepada teman-teman dan guru-guru di SMAN 62 Jakarta.
Aku ijin sama Om Saifur untuk mempostingnya di blogku ini. Alhamdulillah Om Saifur sangat membolehkan. Sekali lagi, makasih banyak ya, Om. ^_^

___________________________________________________________________________________


Shake it Off 
Oleh SAIFUR ROHMAN 

Lagu Taylor Swift berjudul “Shake it off” mengisahkan kepada kita tentang peristiwa demi peristiwa dalam hidup yang bertumpukan, bertumbukan, saling bersatu, terlepas di tengah hiruk pikuk kehidupan kita. Karena itu, bagi Swift, dia berkata “Shake it off”, biarlah berlalu.

Dalam hidup, akan selalu ada hubungan antara satu kisah dengan kisah yang lain. Pengalaman bertemu dengan teman di perpustakaan suatu waktu akan menjadi sahabat dekat pada waktu yang lain. Atau mungkin menjadi pacaran lima tahun lagi. Itulah kenapa kebencian pada seseorang tidak boleh terlalu berlebihan karena suatu ketika kebencian itu bisa saja berubah menjadi cinta. Atau bahkan kisah-kisah Anda yang sama sekali tidak berhubungan pada masa sekarang ini, bisa saja akan sangat menentukan dalam hidup Anda pawa waktu yang lain. Contoh, ketika Anda terkantuk-kantuk di kegiatan ini, calon suami istri Anda entah di ruang dan waktu yang sama, sedang apa dia? Apa yang dia lakukan? Tidak pernah ada yang tahu sampai suatu ketika nasib akan menuntun Anda ke arah sana.

Fiksi juga tumpukan peristiwa demi peristiwa. Semula peristiwa itu tampak tidak berhubungan, tetapi di tangan pengarang, tiba menjadi sangat terkait. Menjadi jalinan cerita yang membuat kita bersedih.

Bagi pembaca, cerita-cerita di dalam fiksi juga akan terkait dengan pengalaman pembaca. Peristiwa-perisiwa yang terjalin di dalam cerita akan mengingatkan kita pada peristiwa kita sendiri. Kadang-kadang kita bisa saja mengatakan, “cerita persis kayak pengalaman gue”. Contoh, kalau kita menyaksikan kisah Ayat-ayat Cinta karya Habiburrahman maka kita seketika berkomentar, “Wah, Fahri dicintai banyak cewek, kayak gue banget tuh!”

Jadi tak ada yang terisah satu sama lain di dunia ini. Akan selalu ada hubungan untuk menghasilkan makna bagi hidup. Pengalaman sedih Anda akan memberi makna. Kesenangan Anda juga memberikan makna.

Karena itu, marilah kita mencari makna dari hubungan dua peristiwa yang terpisah. Saya akan menghubungkan cerita-cerita fiksi dengan lagu yang saya sukai. Saya akan menghubungkan kisah Lovely Lovy karya Thia dengan lagu “Because of You” Kelly Clarkson. Muthia Fadhila Khairunnisa lahir di Jakarta, 14 Januari 2001, sekolah di Labschool, mendapatkan anugerah penulis cilik terbaik pada 2011 dan penulis cilik terproduktif pada 2012. Buku-bukunya yangsudah terbit adalah Manusia Bunglon, Strawberry Secret, Magic Cookies, Miss Pantun dan Miss Fashion, The Pinky Girls, Ibu Baru, Hidung Pinokio Niko, Little Ballerina, Minmie’s Secret, Little Ballerina 2: Goes to Italy, Gimbal-gimbal Cantik, Hwaiting...! Let’s Sing with Me, Minmie’s Band, Hwaiting 2: Dreams Comes True, Little Ballerina 3: Singapore Championship, dan Juiceme Tersandung Hobiku. Tujuannya adalah mengambil makna dari cerita dan mengisahkan kembali melalui pengalaman kita. Bila direfleksikan dengan pendidikan, maka kegiatan ini sesuai dengan Permendikbud No 70 Tahun 2013 kelas XII kompetensi dasar 4.4 (mengabstraksikan prosa) dan 4.5. (mengonversi prosa), kelas XI kompetensi dasar 4.4 (mengabstraksikan prosa pendek) dan 4.5 (mengonversi prosa pendek).


Kisah Lovely Lovy dan Kelly Clarkson 
Ringkasan:
Kisah berjudul Lovely Lovy mengetengahkan seorang siswa bernama Lovy. Dia memiliki hobi menulis cerita. karena itu, dia selalu menulis cerita di tengah-tengah kesibukan les. Bahkan suatu hari dia membolos dari les hanya untuk menulis cerita. karena itu, ibunya pun menanyakan apa yang terjadi. Dia berbohong sakit perut sehingga tidak masuk les. Sampai suatu ketika, berkat bantuan temannya yang bernama Tika, dan mengirim ke Penerbit Ananda. Tidak berapa lama, naskahnya diterbitkan sehingga mamanya tahu dia suka menulis. Sejak itu, mamanya memberikan waktu untuk menulis cerita.

Setelah naskahnya diterbitkan, sejumlah pembaca pun menyuratinya. Selain ada yang kagum, ada yang juga yang benci. Berdasarkan saran mama, Lovy menanggapi penggemarnya dengan cara yang biasa-biasa saja. Akibat bukunya, Lovy pun sempat berkeliling ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan ceritanya. Bahkan dia diundang oleh televisi untuk mengisahkan pengalamannya. Olok-olokan pun terus berlanjut dari penggemarnya, tetapi dia tidak tahu identitas pengirim. Sampai suatu ketika dia mendapati permintaan maaf dari Tika sahabatnya. Tika mengaku telah membuat surat ejekan itu kepadanya.

*** 

Sementara itu, lagu “Because of You” Kelly Clarkson berkisah tentang tokoh antara kamu dan aku yang menjalin hubungan. Hubungan itu menghasilkan pelajaran yang besar bagi dirinya sendiri. Dia tidak boleh menangis, tidak boleh salah langkah, tidak boleh kelihatan lemah, dan sejenisnya. Hal itu dapat diambil salah satu baitnya berikut ini:

Because of you I never stray too far from the side walk
Because of you I learned to play on the safe side so I don’t get hurt 

Berdasarkan dua cerita itu, ada sebuah makna. Jadi kata “Because of you” dalam lagu Clarkson sangat relevan dengan peran mama Lovy yang memberikan bimbingan sehingga Lovy tidak tersesat. Mama Lovy memberikan waktu yang cukup untuk menulis cerita.

Berkat mama juga, Lovy “bermain aman” ketika harus menghadapi orang-orang yang membenci dia. Mama menyarankan agar membalas komentar para fans dengan cara yang baik karena dia merasa tidak memiliki salah. Dengan komentar yang baik, Lovy terbebas dari sakit hati. Dengan begitu, saat Lovy bermain aman, maka Lovy akan terhindar dari sakit hati.


Lagu Lenka “Trouble is a Friend” 
dan Ghost Dormitory in Seoul 
Kisah-kisah dalam Ghost Dormitory in Seoul: Patung Itu Tak Pernah Sendirian (2014) karya Thia mengingatkan saya tentang lagu Lenka berjudul ”Trouble is a Friend”. Lenka berkisah bahwa setiap orang akan bersahabat dengan masalah. karena itu, setiap orang harus memecahkan masalah itu dan bukan menjauhinya.

Ringkasan:
Ghost Dormitory in Seoul: Patung Itu Tak Pernah Sendirian (2014). Cerita diawali saat Ae melihat orang tenggelam di pantai Haeundae. Dia merasa ada gerakan tak wajar, seperti ada orang tidak kelihatan yang dengan sengaja menenggelamkannya. Yoo Ji Ae adalah siswa yang tinggal di Asrama Kyunghee, Seoul. Selain berdekatan dengan kuburan, tetapi gedung tersebut sudah sangat tua. Ada legenda bahwa siswa yang terpintar di sekolah itu telah melakukan bunuh diri. Hal itu diceritakan oleh Soo Young, Wali kelasnya. Siswa yang bunuh diri itu bernama Mary Ahn. Dan patung yang terletak di gerbang asrama dicurigai bisa hidup dan bergerak-gerak.

Dia sekamar dengan Jin Ri, So Hyun, Soo jung. Suatu hari dia melihat keanehan di kamarnya. Segala sesuatu bisa berpindah tempat. Jendela bisa terbuka sendiri. Karena itu, Ae bermaksud menyelidiki. Suatu ketika Ae terlambat masuk sekolah sementara dia harus membawa buku resep masakan. Dalam ketergesaan itu, tiba-tiba menemukan buku resep yang tidak biasa. Dia tahu bahwa buku milik Soo Jung itu bukan buku resep biasa, tetapi sebuah cara memasuki ke dunia lain. Buku itu pun di bawah ke kelas dan diberikan kepada Soo Jung.

Sesampainya di kamar, Soo Jung kemudian bercerita bahwa buku resep itu bisa menjadikan dirinya tidak terlihat. Itulah kenapa barang-barang di kamar bisa bergerak sendiri. Suatu ketika buku resepnya hilang. Dia mendapatkan surat yang berisi ungkapan bahwa buku resep itu diambil oleh orang misterius itu. Untuk mendapatkan buku tersebut, So Hyun dan Ae harus menuruti syarat orang misterius itu, yakni bertemu di kolam belakang asrama pukul 04:04. Mereka pun sudah mempersiapkan alarm. Pada jam dan tempat yang telah ditentukan, mereka datang. Kedatangan itu justru membawa masalah. Mereka terjebak di rumah kayu. Mereka tidak bisa keluar karena dihalangi orang misterius itu. Setelah berusaha dengan susah payah, akhirnya Ae dan So Hyun dapat keluar.

Pengalaman itu semakin membuktikan bahwa gedung sekolah itu memang angker. Keangkeranyang belum bisa dikuak adalah patung. Konon patung itu bisa bergerak. Mereka pun suatu malam mengintip patung tersebut, tetapi gagal membuktikan. Keangkeran yang ditemui adalah lukisan orang yang bisa hidup dan melirik kesana-kemari.

Pengalaman-pengalaman tersebut tidak membuat persahabatan mereka renggang. Menjelang ujian, mereka membuat rumah pohon sebagai tempat untuk belajar bersama., Ketika ujian berakhir, maka saat perpisahan pun tiba. Mereka berfoto bersama-sama, tetapi di situlah muncul sebuah misteri. Terdapat penampakan hantu dalam foto polaroid.


Lagu Koes Plus 
dan novel None Ondel-ondel: Jalan-jalan Seru di Kota Jakarta 
Lagu Koes Plus berjudul “Ke Jakarta” berkisah tentang kerinduan tokoh terhadap jakarta sebagai sebuah rumah yang nyaman. Baginya, di situlah sebuah rumah dengan kabut dan menjadi masa lalu yang tak terlupakan. Hal itu ada hubungannya dengan novel tentang Jakarta.

Ringkasan:
Novel berjudul None Ondel-ondel: Jalan-jalan Seru di Kota Jakarta adalah sebuah cerita tentang sebuah Kota jakarta. Cerita ini berada dalam rubrik penerbit yang berjudul Travela, yakni sebuah kisah tentang perjalanan di sebuah kota yang dilakukan oleh anak-anak. Novel ini menggunakan tokoh Hanifah Syafina, kelas 6 SD di Jakarta Pusat. Suatu kali, dia mengikuti lomba abang none untuk duta cilik parwisata dan dia menang. Dia mendapatkan kesempatan jalan-jalan mengenal Kota Jakarta. Lagi pula, Pak Gilang juga memberi tugas untuk merekam sejarah kota Jakarta. Bersama Ella, Hani akhirnya mengunjuingi tempat-tempat yang bersejarah, seperti Museum Fatahillah, museum, Bahari, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Wayang, Gedung Arsip Nasional, Tugu Jamm, Museum Seni Rupa dan keramik, Taman Mini, Stasiun Gambir, Monas, dan Taman ismail Marzuki. Dia jugamakan kerak telur dan soto Betawi. Cerita ditutup dengan cerita tentang jalan-jalan di Bundaran Hotel Indonesia kemudian dilanjutkan ke Mal Indonesia.


Lagu “What a Wonderful World” Louis Armstrong 
dan Novel Sweety Pastello Macaron 
Lagu “What a Wonderful World” Louis Armstrong berkisah tentang indahnya alam, persahabatan, dan segala pengalaman yang kita hadapi. Sebuah pengalaman tidak selalu buruk jika kita melihat dari perspektif lain.

Ringkasan:
Novel dan lagu ini sama-sama mengandung kata “wonderful”, yang artinya cantik atau indah. Novel Sweety Pastello Macaron mengisahkan tentang sebuah indahnya menu. Karya ini bagian dari rubrik Cookidz yang disiapkan oleh penerbit untuk tulisan yang menceritakan tentang masakan. Tokoh-tokoh adalah Ghita, Ghea, dan Vani. Cerita ini diungkapkan dengan gaya akuan melalui tokoh Ghita. Dimulai dari kegemarannya membeli minuman pada sebuah tokoh. Setelah ada diskon, toko tersebut tutup karena gedungnya mau dihancurkan. Setelah ditemukan, nama tokoh tertsebut adalah Macaron Wonderland. Mereka sama-sama menyukai kue macaron yang dijual di sana.

Sampai suatu ketika, mereka ditugaskan praktik bekerja selama 30 hari sebelum kelulusan. Ghita pun akhirnya menyasar tokoh Macaron Wonderful sebagai tempat latihan kerjanya. Di sana dia diajari cara membuat macaron. Beberapa kali kali gagal karena kecerobohan temannya, Ghita sendiri melakukan kecerobohan karena salah hitung saat mengembalikan uang kepada pelanggan sebesar Rp 5.000. Akibatnya, dia harus mengembalikan uang tersebut dengan cara mengambil dari uang saku. Tante Rani sebagai pemilik tokoh tersebut merasa senang dengan kehadiran mereka karena dinilai bertanggung jawab terhadap pekerjaan. Setelah genap sebulan, Tante Rani pun membuat acara perpisahan dengan mereka. Hasil laporannya menjadi juara ketiga dalam laporan terbaik. Dia akhir cerita juga dilampirkan resep membuat kue makaron.


Referensi 
Khairunnisa, Muthia Fadhila. 2014. Lovely Lovy. Bandung: Mizan Media Utama.
______________________. 2014b. Sweety Pastello Macaron. Bandung: Mizan Media Utama.
______________________. 2014c. None Ondel-ondel: Jalan-jalan Seru di Kota Jakarta. Bandung: Mizan Media Utama.
______________________. 2014d. Ghost Dormitory in Seoul: Patung Itu Tak Pernah Sendirian. Bandung: Mizan Media Utama.


Biodata Penulis
Saifur Rohman lahir di Jepara, 22 Maret, mengajar Program Doktor di Universitas Negeri Jakarta, Program Doktor Universitas Tanjungpura, dan Program Pascasarjana Unika Soegijapranata. Lulus S3 Ilmu Filsafat UGM pada 2009, S2 Ilmu Budaya UI, S2 Ilmu Psikologi Unika, dan S1 Ilmu Sastra Undip, dan sejumlah fellow¬ship nongelar di Timur Tengah (2003), Kuala Lumpur (2006), Singapura (2007), dan Beijing (2008). Buku yang telah ditulis dalam lima tahun terakhir, Teori dan Pengajaran Sastra (Rajagrafindo, 2015), Kritik Sastra Abad XXI (Ombak, 2014), Kelana (Grasindo, 2014), Follow Your Passion (Grasindo 2014) Dekonstruksi: Desain Penafsiran dan Analisis (2014), Hermeneutik: Desain dan Analisis Penelitian (2013), Pengantar Metodologi Pengajaran Sastra (Ar-Ruz Media, 2012), Mata Luka Sengkon Karta (2013), novel Kawin Kontrak (Grasindo, 2006).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...